Sosialisasi Cacar Monyet (Monkeypox Disease) Oleh Tim RS Hermina

Sosialisasi Cacar Monyet (Monkeypox Disease) Oleh Tim RS Hermina

Cacar monyet adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus monkeypox. Virus ini awalnya ditemukan di Republik Demokratik Kongo pada tahun 1970. Akhir-akhir ini, cacar monyet menjadi topik yang banyak diperbincangkan di Indonesia setelah ditemukannya pasien yang mengidap penyakit tersebut, sehingga banyak yang mengkhawatirkan potensi penularannya. Oleh sebab itu, SMA Terpadu Krida Nusantara bekerja sama dengan Rumah Sakit Hermina Arcamanik mengadakan sosialisasi mengenai penyakit cacar monyet (monkeypox disease).

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, yakni Kamis, 1 September 2022 di Aula Krida Nusantara dan Jumat, 2 September 2022 di GOR Krida Nusantara. Dalam sambutannya, Ketua Pengurus Yayasan Krida Nusantara, Nori Chandrawati Try Sutrisno, S.H. menyatakan bahwa sosialisasi cacar monyet dilakukan sebagai persiapan untuk pesiar bagi kelas XI dan XII. Beliau berpesan agar para siswa yang melakukan pesiar senantiasa waspada terhadap virus ini dan tetap menjaga protokol kesehatan. Pembicara dalam kegiatan ini adalah dr. Anisa Widawati. Peserta yang hadir dalam sosialisasi tersebut antara lain siswa kelas XII (sesi I) dan X (sesi II) pada hari pertama, serta siswa kelas XI dan karyawan pada hari kedua.

Pembicara menyampaikan dua materi, yakni mengenai Cacar Monyet (Monkeypox Disease) dan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). Pada kesempatan tersebut, peserta sosialisasi yang hadir diberikan kesempatan untuk memberikan pertanyaan-pertanyaan dalam sesi tanya jawab. Di setiap akhir sesi, dua penanya terbaik diberikan hadiah dari Rumah Sakit Hermina sebagai bentuk penghargaan kepada siswa yang berani bertanya dan sebagai volunteer PHBS.

“Harta sejati adalah kesehatan, bukan emas dan perak.” – Mahatma Gandhi

Share this post